• Sabtu, 2 Juli 2022

Menteri Teten Masduki Siapkan 'Rencana Besar' untuk UMKM di Kabupaten Sumedang

- Selasa, 14 Desember 2021 | 21:34 WIB
Menteri Koperasi dan UMKM RI, Teten Masduki dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, saat meresmikan Festival Kopi dan Tahu Sumedang di Thamrin 10 Food and Creative Park. (TiNewss/Rauf)
Menteri Koperasi dan UMKM RI, Teten Masduki dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, saat meresmikan Festival Kopi dan Tahu Sumedang di Thamrin 10 Food and Creative Park. (TiNewss/Rauf)

TiNewss.com - Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Republik Indonesia Teten Masduki telah menyiapkan 'rencana besar' untuk UMKM Sumedang, khususnya bagi pengrajin tahu dan tempe di Sumedang.

Hal itu terungkap saat dirinya membuka Gelar Produk UMKM Sumedang yang bertema 'Festival Kopi dan Tahu Sumedang’ di Thamrin 10 Food and Creative Park, Jakarta Pusat, Jumat Sore (10/12).

"Kami dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang sedang menginisiasi piloting penanaman 100 hektare varietas Kacang Koro Pedang untuk mensubtitusi kedelai sebagai bahan tempe," terangnya.

Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Bangga Menjadi Tuan Rumah Festival Kopi dan Tahu Sumedang

Alasan pemerintah mengembangkan Kacang Koro Pedang di beberapa daerah, termasuk di Sumedang, sebagai pengganti kedelai adalah masih tingginya ketergantungan impor kedelai sebagai bahan baku tahu dan tempe.

"Kalau berhasil (di Sumedang), akan diperluas di daerah-daerah lain. Kalau dioptimumkan ini di berbagai daerah dengan harga di bawah kedelai sehingga dibuat tempe yang lebih murah. Saya kira masyarakat akan menerima," ucapnya.

Menurutnya, Kacang Koro Pedang sudah diuji coba sebagai bahan dasar tempe dan hasilnya tidak jauh berbeda dengan yang dari berbahan kedelai.

Baca Juga: Dorong Pemulihan Ekonomi Akibat Pandemi COVID-19, Pemkab Sumedang gelar Sumedang Creative Festival 2021

"Rasanya enak, harganya murah dan gizinya sama tinggi dengan kedelai. Kita optimistis untuk tempe bisa disubstitusi oleh Kacang Koro Pedang ini," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MenPAN RB Tjahyo Kumolo Meninggal Dunia

Jumat, 1 Juli 2022 | 11:56 WIB
X