• Rabu, 19 Januari 2022

Tanggap Darurat Bencana Alam Erupsi Gunung Semeru, Kemen PUPR Turunkan Bantuan

- Senin, 6 Desember 2021 | 19:59 WIB
Kemen PUPR menurunkan bantuan tanggap darurat bencana alam erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. (pu.go.id)
Kemen PUPR menurunkan bantuan tanggap darurat bencana alam erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. (pu.go.id)

TiNewss.com--Dalam rangka tanggap darurat bencana alam erupsi Gunung Semeru, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia menurunkan bantuan.

Bantuan tersebut dalam rangka untuk bergerak cepat membantu penanganan darurat bencana  alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Upaya tanggap darurat dilakukan dengan mengerahkan sumber daya dan personel di balai-balai Kementerian PUPR yang berada di Provinsi Jawa Timur. 

Demikian disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, seperti dikutip TiNewss.com dari laman resmi Kemen PUPR pada 6 Desember 2021.

Baca Juga: Pihak Jalan Tol Cisumdawu Berjanji Perbaiki Jalan Rusak, Anggota DPRD Fraksi PPP Bantu Advokasi, Ini Janjinya!

Menurut Basuki, data sementara lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang berada di Desa Supiturang dan Curah Kobokan di Kecamatan Pronojiwo serta Desa Sumber Wuluh di Kecamatan Candipuro. Saat ini masih terus dilakukan pendataan terkait kerusakan dan korban jiwa. 

Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, Ditjen Cipta Karya telah memobilisasi 10 unit Hidran Umum (HU) kapasitas 2.000 liter,  4 unit Mobil Tangki Air (MTA) kapasitas 4.000 liter, 6 unit tenda hunian darurat, 1 mobil toilet, dan dukungan 10 personel tanggap darurat. Saat ini, dukungan peralatan sudah berada di lokasi dan akan segera diinstall di lokasi-lokasi pengungsian sesuai hasil koordinasi dengan BPBD Lumajang.

Selanjutnya juga dukungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Ditjen Sumber Daya Air dengan mengerahkan alat berat untuk mempercepat evakuasi korban dan pembersihan kawasan terdampak seperti 1 unit excavator, 1 unit loader, 2 dump truck, dan perlengkapan tambahan berupa 1 set lighting lamp, 1 unit MTA dan alkon, 2 drum solar serta oli hidrolik dan oli mesin. 

Baca Juga: Protes Jalan Tol Cisumdawu, Begini Reaksi Warga Tanjungsari Sumedang Yang Bikin Geli

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: pu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menag Minta Baznas Atasi Penanggulangan Kemiskinan

Selasa, 18 Januari 2022 | 07:56 WIB
X