• Rabu, 19 Januari 2022

Gunung Semeru Meletus, Kemen PUPR akan Bangun Jembatan kaca di Bromo-Tengger-Semeru

- Minggu, 5 Desember 2021 | 06:21 WIB
Jembatan Kaca tipe suspended-cabel pertama di Indonesia di KSPN Bromo-Tengger Semeru Provinsi Jawa Timur. (Kemen PUPR)
Jembatan Kaca tipe suspended-cabel pertama di Indonesia di KSPN Bromo-Tengger Semeru Provinsi Jawa Timur. (Kemen PUPR)

TiNewss.com--Gunung Semeru yang berada di Jawa Timur ini mengalami erupsi atau meletus pada hari kemarin, 4 Desember 2021.

Padahal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah  mematangkan pembangunan infrastruktur dalam rangka mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru di Provinsi Jawa Timur terutama dalam pembangunan jembatan kaca tipe suspened-cabel,  beberapa waktu lalu seperti pernah ditulis TiNewss.com pada 22 November 2021 (https://www.tinewss.com/indonesia-news/pr-1851739197/kementerian-pupr-bangun-jembatan-kaca-di-kspn-bromo-tengger-semeru-tipe-suspended-cable-pertama-di-indonesia)

Jembatan kaca yang berlokasi di Seruni Point merupakan tipe pertama Suspended-cable di Indonesia. 

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Gunung di Kawasan Bromo ini Kapan Terakhir Meletus?

Kawasan wisata Bromo-Tengger-Semeru telah ditetapkan sebagai salah satu KSPN Prioritas atau 10 “Bali Baru” yang dikembangkan Pemerintah berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018.  

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

“Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul. Prinsipnya adalah merubah wajah kawasan dilakukan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional,” kata Menteri Basuki.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah dalam sambutannya menyampaikan kegiatan konsultasi publik bertujuan untuk musyawarah bersama antarpihak yang berkepentingan dengan melibatkan tokoh masyarakat setempat, guna mencapai kesepahaman dan kesepakatan dalam perencanaan pembangunan infrastruktur di KSPN Bromo-Tengger-Semeru. 

Baca Juga: Surat Al Kahfi dan Fitnah Dajjal, Perang Syiah-Sunni-Tragedi Karbala (Bagian ke-7, Seri Eskatologi Islam)

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menag Minta Baznas Atasi Penanggulangan Kemiskinan

Selasa, 18 Januari 2022 | 07:56 WIB
X