• Rabu, 19 Januari 2022

Gunung Semeru Erupsi, Gunung di Kawasan Bromo ini Kapan Terakhir Meletus?

- Minggu, 5 Desember 2021 | 06:07 WIB
Erupsi Semeru
Erupsi Semeru

 

TiNewss.com--Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini kemarin, 4 Desember 2021, erupsi setelah sangat lama tidak mengalami aktif.

Gunung Semeru yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut. Puncak Mahameru ini pertama kali meletus pada tahun 1818. Kemudian meletus kembali pada tahun 1994, disusul letusan berikutnya pada tahun 2002. 

Kemudian pernah meletus pula tahun 2020 pada bulan Desember, dan di tahun 2021 dua kali meletus di awal dan di akhir tahun, yakni Januari dan Desember 2021.

Baca Juga: Surat Al Kahfi dan Fitnah Dajjal, Perang Syiah-Sunni-Tragedi Karbala (Bagian ke-7, Seri Eskatologi Islam)

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung ini terbentuk akibat subduksi Lempeng Indo-Australia kebawah Lempeng Eurasia.

Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci,  di Sumatra dan Gunung Rinjani  di Nusa Tenggara Barat. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni kabupayen Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawaa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Baca Juga: Anggota DPRD Fraksi PPP Bantu Warga Kebakaran di Padasuka Sumedang

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menag Minta Baznas Atasi Penanggulangan Kemiskinan

Selasa, 18 Januari 2022 | 07:56 WIB
X