• Rabu, 28 September 2022

Menkeu Jawab Kemarahan MPR, Pimpinan MPR Minta Sri Mulyani Dipecat

- Kamis, 2 Desember 2021 | 06:28 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Instagram)
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Instagram)

TiNewss.com--Kemarahan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang meminta Presiden Joko Widodo untuk memecat Menteri Keuangan Sri Mulyani mendapat tanggapan dari Sri Mulyani, Senin kemarin, 1 Desember 2021.

Sebelumnya diberitakan, bahwa pimpinan MPR melalui Ketua Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad meminta Presiden Joko Widodo memecat Sri Mulyani dari jabatannya sebagai Menteri Keuangan. Dalam padangan MPR, Sri Mulyani dianggap tidak menghargai MPR, salah satunya atas ketidakhadiran Sri Mulyani pada  undangan MPR untuk membahas anggaran MPR. Sehingga anggaran MPR mengalami penurunan.

Menanggapi tuduhan tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan tanggapan seperti yang tertulis dalam instagram @smindrawati yang dikutip TiNewss.com, pada 1 Desember 2021.

Baca Juga: Lucnurkan Logo HUT ke 65 Astra, Ini Tema yang Diusung

Menurut Sri Mulyani, mengenai ketidakhadiran Menkeu dalam undangan rapat dengan pimpinan MPR membahas anggaran MPR dapat dijelaskan sebagai berikut:

Kesatu, undangan dua kali, 27 Juli 2021 bersamaam dengan rapat internal Presiden yang harus dihadiri sehingga kehadiran di MPR diwakilkan Wamen. Tanggal 28 September 2021 bersamaan dengan rapat Banggar DPR membahas APBN 2022 dimana kehadiran Menkeu wajib dan sangat penting. Rapat dengan MPR diputuskan ditunda.

Kedua, kata Menkeu, mengenai anggaran MPR, seperti diketahui tahun 2021, Indonesia menghadapi lonjakan Covid-19 akibat varian Delta. Seluruh anggaran KL harus dilakukan refocusing 4 kali, tujuannya adalah untuk membantu penanganan Covid-19 (klaim pasien) yang melonjak sangat tinggi, akselerasi vaksinasi, pelaksanaan PPKM di berbagai daerah.

Baca Juga: Dorong Ekspor Kopi ke Maroko, Kopi Indonesia Diwakili Kopi Asal Sumedang

"Anggaran juga difokuskan membantu rakyat miskin dengan meningkatkan bansos, membantu subsidi upah pekerja dan membantu UMKM akibat mereka tidak bekerja dengan penerapan PPKM level 4," ujar Sri Mulyani.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: Instagram

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PTDH Ferdy Sambo, Bukti Jika Polri Tegas dan Berkomitmen

Jumat, 23 September 2022 | 07:44 WIB
X