• Minggu, 28 November 2021

Bambang Soesatyo Lantik Reza Zaki Sebagai Ketua Dewan Penasehat Permahi 2021-2023

- Rabu, 24 November 2021 | 10:34 WIB
Reza Zaki saat dilantik oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo sebagai Ketua Dewan Penasehat Permahi 2021-2023 di Gedung MPR RI, Jakarta (TiNewss/Rauf)
Reza Zaki saat dilantik oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo sebagai Ketua Dewan Penasehat Permahi 2021-2023 di Gedung MPR RI, Jakarta (TiNewss/Rauf)

TiNewss.com - Bambang Soesatyo baru-baru ini melantik dosen Business Law pada BINUS University, Muhammad Reza Syariffudin Zaki atau Reza Zaki sebagai Ketua Dewan Penasehat Perhimpunan Mahasiswa Hukum Seluruh Indonesia (Permahi) di Gedung Nusantara V, MPR RI.

Reza Zaki, Terpilih menjadi Ketua Dewan Penasihat Permahi untuk periode masa bakti 2021-2023.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo memaparkan, hasil survei indeks supremasi hukum (rule of law index) yang dirilis World Justice Project pada Oktober 2021, menempatkan Indonesia pada peringkat 68 dari 139 negara yang disurvei.

Sebelumnya, pada 2020, Indonesia berada pada peringkat 59 dari 128 negara. Sementara, hasil survei Poltracking Indonesia dalam rilis pada Oktober 2021 mencatat, angka kepuasan publik terhadap penegakan hukum di Indonesia sebesar 52,8 persen. Sangat rendah jika dibandingkan capaian pada sektor lainnya, dan juga lebih rendah dari rata-rata angka kepuasan terhadap kinerja pemerintahan sebesar 67,4 persen.

Baca Juga: Masih Tentang Yana van Cadas Pangeran, Deddi Rustandi: Bebaskan Yana!

Sedangkan hasil survei Charta Politika yang dirilis pada Agustus 2021 memperlihatkan, angka kepuasan publik terhadap penegakan hukum di Indonesia hanya mencapai 49,5 persen, lebih rendah dari angka kepuasan terhadap kinerja pemerintahan sebesar 62,4 persen.


“Berbagai hasil survei tersebut mengisyaratkan pesan penting bahwa masih ada banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dalam pembangunan hukum di Indonesia," ujar Bamsoet nama panggilan Bambang Soesatyo.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri Hukum dan HAM, Prof. Dr. Edward Omar Sharif Hiariej, S.H., M.Hum, Dr. Ir. Sufmi Dasco Ahmad, SH, MH (Wakil Ketua DPR RI), Dr. Hotma Sitompoel SH,M.Hum (Hotma Sitompoel & Associates dan Pendiri LBH Mawar Saron), Dr. Fahri Bachmid,S.H.,M.H (Dosen Hukum Tata Negara Universitas Muslim Indonesia), Dr. Marjan Miharja, S.H., M.H. (Dosen IBLAM School of Law), Fahmi Namakule (Ketua Umum DPN Permahi), Fajar Budiman (Sekjen DPN Permahi), serta Dirar Mahdirman Refra (Bendahara Umum DPN Permahi) juga turut hadir dalam pelantikan dan Webinar Nasional Permahi Periode 2021-2023.

Baca Juga: Lagu Hymne Guru, ini Profil Pencipta dan Lirik Lagunya

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Raffi dan Nagita, dapat Momongan Baru, Siapa Namanya?

Jumat, 26 November 2021 | 17:33 WIB

Lagu Hymne Guru, ini Profil Pencipta dan Lirik Lagunya

Selasa, 23 November 2021 | 15:04 WIB
X