• Jumat, 12 Agustus 2022

Menko Marinvest Luhut B. Pandjaitan Tinjau Progres Pelabuhan Patimban Subang

- Jumat, 19 November 2021 | 07:00 WIB
Menko Marinvest Luhut B. Panjaitan meninjau progres Pelabuhan Patimban Jawa Barat, Kamis 18 November 2021. (maritim.go.ig)
Menko Marinvest Luhut B. Panjaitan meninjau progres Pelabuhan Patimban Jawa Barat, Kamis 18 November 2021. (maritim.go.ig)

TiNewss.com--Progres pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang Jawa Barat, ditinjau langsung Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Marinvest) Luhut B. Pandjaitan yang  didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kamis, 18 November 2021.

Peninjauan dilakukan untuk mengevaluasi operasional pelabuhan Patimban setelah hampir 1 tahun beroperasi. Selain itu juga untuk mengetahui kemajuan pembangunan seperti penyelesaian akses jalan, kondisi operasional pelabuhan, serta ketersediaan sarana dan prasarana pendukung.

“Di sini saya ingin mendengar progresnya secara langsung bagaimana penyelesaian akses jalan menuju pelabuhan, termasuk konektivitas jalur pantura dan akses jalan tol, kondisi operasional pelabuhan dan besaran muatan, juga ketersediaan sarana prasarana pendukung seperti air, Listrik, Bahan Bakar Minyak (BBM) dan telekomunikasi,” ungkap Menko Luhut saat memberikan sambutannya dalam Rapat Koordinasi.

 

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sumedang Jumat 19 November 2021: Hampir Hujan Sepanjang Hari

 

Menko Luhut juga kembali mereviu tujuan pembangunan pelabuhan Patimban, di antaranya mengurangi biaya logistik dengan mendekatkan pusat produksi dengan pelabuhan, mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas di Jakarta dengan pembagian arus lalu lintas kendaraan, juga menjamin keselamatan pelayaran termasuk eksplorasi gas.

“Tidak hanya itu, Presiden Jokowi meminta agar Pelabuhan Patimban juga mendukung ekspor produk selain otomotif, seperti menggerakkan ekonomi UMKM, sektor pertanian, industri kreatif, serta produk lainnya, sehingga mampu bersaing di pasar global. Oleh karena itu pelabuhan Patimban ini sangat perlu kita dorong progresnya” katanya.

Menko Luhut menambahkan Pelabuhan Patimban ini juga diharapkan menjadi stimulator pengembangan wilayah di daerah Subang serta dapat memangkas waktu tempuh distribusi dari Kawasan industri ke Pelabuhan.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: maritim.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X