• Jumat, 19 Agustus 2022

KPPIP: Jalan Tol Cisumdawu akan Dioperasikan Sebagian pada Akhir Tahun 2021

- Minggu, 14 November 2021 | 21:49 WIB
KPPIP memastikan jalan tol Cisumdawu akan dioperasikan sebagian pada akhir tahun 2021. Foto:  KPPIP. (TiNewss)
KPPIP memastikan jalan tol Cisumdawu akan dioperasikan sebagian pada akhir tahun 2021. Foto: KPPIP. (TiNewss)

TiNewss.com--Komite Percepatan  Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) memastikan salah satu proyek strartegis nasional yang telah ditunggu oleh penduduk Jawa Barat yaitu jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan dioperasikan sebagian pada akhir tahun 2021. 

Salah satu Proyek Strategis Nasional yang telah ditunggu oleh penduduk Jawa Barat adalah Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan. Jalan Tol ini merupakan proyek yang ditujukan untuk menghubungkan daerah Kecamatan Cileunyi hingga Kecamatan Dawuan sehingga Jalan Tol ini juga disebut sebagai Barometer Provinsi Jawa Barat, jantung Kawasan Rebana, dan pendukung kebangkitan Bandara Kertajati.

Baca Juga: Mengintip, Menjadi pasal Pada Permendikbudristek Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual

Menurut KPPIP, progres pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan sudah mencapai tahap akhir untuk Seksi 1, 2, 3, dan 6 yang ditargetkan dapat diselesaikan di bulan Desember 2021 sehingga diharapkan dapat segera dioperasikan. Sementara untuk progres pembangunan Seksi 4 dan 5 masih dalam tahap konstruksi dikarenakan beberapa hambatan yang dialami oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang bertanggung jawab atas pembangunan proyek tersebut.

Beberapa kendala yang dialami dalam pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan adalah permalasahan pembebasan lahan di Seksi 4 dan 5. Kondisi kepemilikan tanah di kedua seksi tersebut bersifat menyebar (scatter) sehingga proses pembebasan lahan memerlukan waktu yang lebih panjang. Dampak lain dari hal tersebut adalah kesulitan akses untuk alat-alat berat untuk melintasi beberapa daerah dikarenakan lahan akses masih belum dibebaskan.

Baca Juga: Hujan Besar Ancam Sumedang, TPT Longsor di Sumedang Selatan 1 orang dikabarkan Meninggal

Diketahui, KPPIP bersama dengan Sekretariat Kabinet dan Kementerian PUPR telah melakukan kunjungan lapangan untuk monitoring permasalahan tersebut dan telah mendiskusikan solusi terbaik yang bisa diambil oleh CKJT untuk mempercepat pengopersian Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan. KPPIP telah melakukan pemenuhan kebutuhan dana pengadaan tanah untuk mempercepat proses pembebasan lahan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan. Diharapkan dengan penyelesaian kendala tersebut, Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan dapat segera beroperasi memberikan dampak seperti peningkatkan arus mobilitas penduduk, mendukung kegiatan logistik, serta mendukung proyek Bandara Kertajati.***

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

15 Ide Permainan Agustusan yang Menjadi Favorit Warga

Jumat, 19 Agustus 2022 | 00:19 WIB

Lirik Lagu Mengheningkan Cipta Karya Truno Prawit

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:30 WIB
X