• Rabu, 26 Januari 2022

Haul Pahlawan Nasional Tjut Nyak Dien, Mempersatukan Aceh dan Sumedang

- Rabu, 10 November 2021 | 06:55 WIB
Haul wafatnya Pahlawan Nasional Tjut Nyak Dien pada tanggal 20-21 November 2021 di Sumedang. (dok. Panitia Haul)
Haul wafatnya Pahlawan Nasional Tjut Nyak Dien pada tanggal 20-21 November 2021 di Sumedang. (dok. Panitia Haul)

TiNewss.com-- Haul atau memperingati wafatnya Pahlawan Nasional Tjut Nyak Dien pada tanggal 20-21 November 2021 di Sumedang, merupakan sarana untuk mempersatukan Aceh dan Sumedang dalam bingkai budaya, sejarah dan seni. 

Diyakini bahwa Tjut Nyak Dien bisa mempersatukan Sumedang dan Aceh. Oleh karenanya, kegiatan Cahaya Dari Negeri Aceh merupakan sarana untuk itu. Karena dalam kegiatan ini akan dihadiri para bupati dan tamu undangan dari Aceh tidak kurang dari 100 orang.

Demikian disampaikan Aris Gundhara, Ketua Pelaksana kegiatan haul Cahaya Dari Negeri Aceh kepada TiNewss.com Selasa, 8 November 2021.

 

Baca Juga: Ismail Marzuki, Google Doodle 10 November 2021 Hari Pahlawan

 

Menurut Aris, dari kegiatan ini diharapkan ke depannya, masyarakat Aceh akan semakin tahu keberadaan makam Tjut Nyak Dien. Mahasiswa asal Aceh tentu harus tahu itu.

Dalam jangka pendek, kata Aris, pasca Haul Tjut Nyak Dien adalah bagaimana memperluas makam Tjut Nyak Dien. Sehingga nanti di kompleks makam ada lahan parkir yang luas, pusat kuliner untuk UMKM, ada Mesjid, ada museum dan berbagai fasilitas lain yang dibutuhkan.

Selain itu, lanjut Aris yang juga Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupetan Sumedang, adalah mengadakan kajian atau  penelitian tentang aktivitas Tjut Nyak Dien selama di Sumedang. Ini sebagai narasi sejarah untuk melengkapi sejarah yang sudah ada tentang keberadaan sosok Tjut Nyak Dien di Sumedang. Karena sampai hari ini, narasi sejarah itu masih sangat minim.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X