• Rabu, 26 Januari 2022

Sejalan Hari Pahlawan 10 November 2021, Sumedang-Aceh Selenggarakan Haul Tjut Nyak Dien

- Rabu, 10 November 2021 | 06:06 WIB
Haul wafatnya Pahlawan Nasional Tjut Nyak Dien pada tanggal 20-21 November 2021 di Sumedang. (dok. Panitia Haul)
Haul wafatnya Pahlawan Nasional Tjut Nyak Dien pada tanggal 20-21 November 2021 di Sumedang. (dok. Panitia Haul)

TiNewss.com - Pemerintah Kabupaten Sumedang bersama Pemerintah Aceh dan Badan Penghubung Aceh menyelenggarakan haul atau memperingati wafatnya Pahlawan Nasional asal Aceh yang wafat di Sumedang, Ibu Prabu Tjut Nyak Dien.

Haul sendiri akan dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 20-21 November 2021 bertempat di Sumedang, dengan berbagai kegiatan.

Demikian disampaikan Hj. Mulyani Toyibah, Kabid Ekonomi Bappppeda Kabupaten Sumedang, selepas  rapat dalam rangka persiapan Haul, kepada TiNewss.com, kemarin, 9 November 2021.

 

Baca Juga: Pangeran Aria Suriaatmaja, Pahlawan Pinggiran Yang Berwawasan Lingkungan

 

Menurut Mulyani, kegiatan ini merupakan kolaborasi pemerintah kabupaten Sumedang, Pemerintah Aceh, Badan Penghubung Aceh dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Sumedang. Kegiatan ini diketuai oleh Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Sumedang, Aris Gundhara.

Dasar pemikiran kegiatan ini, menurut Mulyani, karena Tjut Nyak Dien merupakan pahlawan perempuan Aceh yang sangat berjasa dan berani dalam meperjuangkan tanah Aceh. Tjut Nyak Dien berhasil membuktikan bahwa walaupun dirinya seorang perempuan namun dapat  turun tangan langsung dalam peperangan melawan Bangsa Belanda.

 

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X