• Rabu, 19 Januari 2022

(Hoaks atau Fakta) Jalan Tol di Indonesia, Tidak Aman!

- Minggu, 7 November 2021 | 08:21 WIB
Jalan Tol di Indonesia Tidak Aman, ini jawaban dari Kementerian PUPR RI melalui Instagramnya pada 6 November 2021. (TiNewss/RaufNuryama)
Jalan Tol di Indonesia Tidak Aman, ini jawaban dari Kementerian PUPR RI melalui Instagramnya pada 6 November 2021. (TiNewss/RaufNuryama)

TiNewss.com - Paska terjadinya kecelakaan dan mengakibatkan meninggal dunia Vanessa Angel dan Suaminya Bibi Ardiansyah di Tol Nganjuk. Sebuah tulisan yang mengutip pemerhati konstruksi jalan raya Gatot Rusbintardjo menyebutkan bahwa tidak amannya jalan tol di Indonesia.

Menurutnya, jalan tol di Indonesa tidak memiliki skid resistance atau daya cengkerang yang memadai sehingga baik dan permukaan perkerasan jalan. Skid resistance sangat kecil bahkan Nol, maka ketika kendaraan dengan kecepatan tinggi dan mengerem mendadak tidak akan langsung berhenti.

"Mobil akan meluncur cukup jauh sebelum berhenti, sehingga sering terdengar mobil menabrak truk atau mobil lain di depannya," terang Gatot pada sebuah media 5 November 2021.

 

Baca Juga: Ketahui 2 Bahaya Digital Marketing Bagi UMKM

 

Kedua disampaikan oleh akun @anakteknikindo dalam media sosial tiktok.

@anakteknikindo : "Belajar dari kecelakaan yang menewaskan vanessa angel dan Bibi. Tahu nggak, ternyata Jalan tol di Indonesia TIDAK AMAN."

Menurutnya ada dua fakta yang menyebabkan jalan tol di Indonesia tidak aman. Pertama di Indonesia, jalan tol menggunakan jalan beton. Yang sebenarnya malah akan jadi berbahaya .
Karena tidak mempunyai daya cengkeram antara ban mobil dengan permukaan perkerasan jalan. Akibatnya, mobil dengan kecepatan tinggi akan mudah tergelincir dan meluncur jauh sebelum berhenti.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Sumber: TikTok, Instagram

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menag Minta Baznas Atasi Penanggulangan Kemiskinan

Selasa, 18 Januari 2022 | 07:56 WIB
X