• Kamis, 19 Mei 2022

Indonesia Targetkan Net Zero Emission pada Tahun 2060

- Kamis, 4 November 2021 | 06:48 WIB
Menko Marinves, Luhut B. Panjaitan. (dok Menko Marinves)
Menko Marinves, Luhut B. Panjaitan. (dok Menko Marinves)

TiNewss.com--Indonesia berupaya untuk meningkatkan target net zero emission pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Panjaitan pada Talkshow Blue Carbon to Strengthen Climate Change and Coastal Resilience di Paviliun Indonesia dalam rangkaian agenda COP 26 UNFCCC di Glasgow, Skotlandia, UK pada hari Selasa malam (02-11-2021).

Menurut Menko Luhhut, dalam mencapai target tersebut, beberapa sektor yang dapat mendukung pencapaian net zero emission adalah dari sektor hutan dan penggunaan lahan (FOLU), termasuk mangrove dan lahan gambut.

 

Baca Juga: Jenderal TNI Andika Perkasa, Calon Panglima dengan Pendidikan Umum Mentereng

 

“Sektor FOLU akan mendukung tercapainya penurunan emisi nasional atau net sink (penyerapan bersih) karbon pada tahun 2030. Pemetaan dan pemanfaatan ekosistem blue carbon diharapkan dapat menurunkan suhu pada tahun 2050,” ungkap Menko Luhut.

Dia juga menyampaikan bahwa dalam rangka COP 26 UNFCCC di Glasgow, seluruh pihak akan berdiskusi mengenai perubahan iklim secara global untuk menjaga iklim global agar tetap pada suhu di bawah 2 derajat sesuai anjuran Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC).

 

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: maritim.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Resmi Larang Ekspor CPO dan Turunannya

Kamis, 28 April 2022 | 07:09 WIB
X