• Kamis, 19 Mei 2022

PTMT PAUD Masih 39 Persen, Berpengaruh pada Tumbuh Kembang Anak

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 07:39 WIB
PTMT PAUD sebagai solusi agar tumbuh kembang anak tidak terganggu. (TiNewss)
PTMT PAUD sebagai solusi agar tumbuh kembang anak tidak terganggu. (TiNewss)

TiNewss.com--Pandemi telah menyebabkan perubahan yang luar biasa terhadap pendidikan anak-anak. Dampak yang ditimbulkan dari semua perubahan ini, juga sangat mempengaruhi proses tumbuh kembang anak, khususnya mereka yang masih berada di jenjang PAUD.

Hal tersebut dikatakan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Jumeri.

Menurut Jumeri, berdasarkan survei lintas jenjang yang dilakukan Kementerian, per September 2021, 61% satuan PAUD masih melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dan baru 39% satuan PAUD yang sudah dapat melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

 

Baca Juga: Kemiskinan Eksrem Harus ditangani Komprehensif dengan Banyak Pendekatan, Bansos Hanya seperti Balsem

 

Oleh karenanya, lanjut Dirjen, seluruh anggota ekosistem PAUD perlu turut mengawal transisi moda bermain-belajar yang sebelumnya sepenuhnya dalam bentuk (PJJ) melalui Belajar Dari Rumah (BDR), berangsur-angsur menjadi PTMT, agar dapat berjalan dengan lancar.

“Kita semua perlu terus menjaga kesinambungan dari kedua pendekatan ini, baik di sekolah maupun di rumah,” ujar Jumeri.

Sementara itu, Direktur PAUD, Muhammad Hasbi menambahkan, beberapa intervensi yang dilakukan oleh Kemendikbudristek di masa pandemi adalah relaksasi BOP sehingga satuan PAUD dengan peserta didik di bawah 9 akan tetap menerima BOP untuk sejumlah 9 anak. Kebijakan ini memberikan daya dukung bagi satuan PAUD untuk tetap beroperasi, dan berinovasi agar peserta didik tetap mendapatkan layanan.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: Kemendikbud dan Ristek

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Resmi Larang Ekspor CPO dan Turunannya

Kamis, 28 April 2022 | 07:09 WIB
X