• Sabtu, 16 Oktober 2021

Percepatan Tol Cisumdawu, 1476 Makam di TPU Patapan Cacaban-Conggeang Kabupaten Sumedang Mulai Dibongkar

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 06:20 WIB
Makam sebanyak 1476 buah mulai dibongkar di Tempat Pemakaman Umum Patapan-Cacaban Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang, Selasa (13/10/20210 (TiNewss)
Makam sebanyak 1476 buah mulai dibongkar di Tempat Pemakaman Umum Patapan-Cacaban Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang, Selasa (13/10/20210 (TiNewss)

TiNewss.com-- Dalam rangka percepatan pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), 1476 makam di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Patapan desa Cacaban Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang mulai dibongkar.

Pembongkaran makam ini dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan tol yang akan memasuki pembangunan kontruksi khususnya di wiayah Kecamatan Conggeang.

Baca Juga: Yuk! Cek Klik bsu.kemenaker.go.id Siapa Tahu Nama Anda Tercantum Penerima Bantuan

Namun demikian, pembongkaran makam sebanyak 1476 makam ini tidak ditunjang dengan ketersediaan tanah makam pengganti. Sehingga pembongkaran makam dilakukan pihak keluarga dengan cara memindahkannya ke tanah milik masing-masing.

Demikian berdasarkan pantauan TiNewss.com di lapangan, Selasa (13/10/2021) yang melihat beberapa alat berat telah memasuki area pemakaman.

Menurut Tata (48), warga Cacaban, pemindahan makam ke lokasi tanah milik pribadi masing-masing keluarga ahli waris, dikarenakan lokasi makam yang akan dijadikan tanah makam pengganti masih dalam proses. Oleh karenanya, masing-masing ahli waris memindahkannya ke tanah miliknya.

Baca Juga: MenPAN RB Tjahyo Kumolo Minta Maaf Terkait Tol Cisumdawu, Ini Penyebabnya!

Berdasarkan informasi yang diperoleh, di Tempat Pemakaman Umum Patapan Conggeang ini ada 1476 makam dengan 276 ahli waris. 

Pemerintah telah menggelontorkan uang pemindahan makam sebanyak 1476 itu, tidak kurang dari Rp 7 Milyar yang dibayarkan kepada ahli waris.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X