Pasca PSBB Corona, Ini Panduan New Normal di Indonesia

- Senin, 25 Mei 2020 | 11:12 WIB
Ilustrasi New Normal
Ilustrasi New Normal

 


Jakarta, TiNewss.com - Situasi sulit sepertinya akan terus membayangi. Bahkan pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk pencegahan penyebaran Corona (Covid-19) dihentikan atau tidak lagi diperpanjang. Sementara itu, jika terus dilakukan PSBB (bukan Lockdown), roda perekonomian akan terganggu. Karenanya, Menteri Kesehatan mengeluarkan panduan agar masyarakat bisa tetap hidup berdamping dengan Corona, dengan kata lain berdamai dengan corona. Hidup normal di jaman corona, atau New Normal.

Melalui website Resmi Kementerian Kesehatan, Menteri menilai situasi pandemi Covid-19 roda perekonomian harus tetap berjalan. Namun, dengan mengedepankan langkah-langkah pencegahan. Sehingga Kementerian Kesehatan RI telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

"Dunia usaha dan masyakat pekerja memiliki kontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan karena besarnya jumlah populasi pekerja dan besarnya mobilitas, serta interaksi penduduk umumnya disebabkan aktifitas bekerja," kata Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto, katanya di Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Kata Menteri, tempat kerja sebagai lokus interaksi dan berkumpulnya orang merupakan faktor risiko yang perlu diantisipasi penularannya.

Seperti diketahui ebelumnya, Peraturan Pemerintah nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 telah menyatakan bahwa PSBB dilakukan salah satunya dengan meliburkan tempat kerja. Namun demikian, dunia kerja tidak mungkin selamanya dilakukan pembatasan, roda perekonomian harus tetap berjalan.

Untuk itu, kata Menkes, pasca pemberlakuan PSBB dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, perlu dilakukan upaya mitigasi dan kesiapan tempat kerja seoptimal mungkin sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan pola hidup pada situasi Covid-19 atau New Normal.


Panduan pencegahan penularan Covid-19 secara rinci antara lain :


Selama PSBB bagi Tempat Kerja


Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Terkini

X