TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Hindari Cluster COVID-19, Begini Tanggapan Bupati Sumedang Terkait Perayaan Idul Adha

TiNewss.com – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menganjurkan kepada warganya untuk melakukan sholat Idul Adha di rumah saja untuk menghindari lonjakan baru COVID-19 di Kabupaten Sumedang.

Hal tersebut disampaikan Dony setelah melakukan konferensi pers di Induknya Pemerintahan Pusat (IPP) Sumedang, Senin (19/7/2021).

Beliau mengakui sudah melakukan surat edaran baik edaran pusat Menteri Agama, PPKM Darurat, Kemendagri dan pihak Pemerintah Kabupaten Sumedang.

“Bagaimana agar Idul Adha tidak jadi cluster baru, pertama saya menganjurkan tetap sholat ied ada tapi dirumah. Siapkan orang tua untuk menjadi imam, menjadi khotib dan menyiapkan naskahnya,” jelasnya.

Bupati Sumedang juga menjelaskan MUI Sumedang telah menyebar naskah pedoman Sholat Idul Hari Idul Adha. Selain itu, beliau menyampaikan penyembelihan hewan qurban harus mengikuti aturan dari pemkab Sumedang.

“Terkait penyembelihan hewan harus mengikuti aturan dari Kami dimana tidak ada kerumunan dan bisa dilakukan dalam tiga hari bagi-bagi jangan sampai berkelompok dan tidak boleh nonton,” tambahnya.

Sehingga yang melakukan pelaksanaan Qurban hanya panitia Qurban dan selalu menerapkan prokes secara ketat apabila sampai pembagian ke warga serta didampingi satgas.

“Kami juga akan monitoring melalui Satpol PP, TNI Polri nanti tidak ada kerumunan di hari raya Idul Adha tapi daging qurban akan segera dikirim ke rumah masing-masing,” tandasnya.(Adhi SH)***