TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Hati-Hati Menjelang Musim Kemarau, Satu Hari, Dua Lahan Kebun di Sumedang Ludes Terbakar

TiNewss.com – Dikabarkan hanya dalam satu hari, dua lahan kebun yang berbeda lokasi di Sumedang ludes terbakar karena mulai merasakan kekerengin di musim kemarau, Rabu (6/7/2021).

Dua kebun yang dikabarkan telah terjadi kebakaran dalam satu hari yang sama yakni di Desa Jatimulya, Kecamatan Sumedang Utara dan di Desa Margajaya, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang.

Demikian Soekarno, Komandan Regu Damkar Sumedang membenarkan terjadi kebakaran yang diduga akibat cuaca panas mendekati musim kemarau.

“Tos mulai maremaan Bade Halodo mah (Mulai sering kebakaran lahan kalau mau kemarau) jadi warga harus lebih hati-hati dengan api menghadapi musim kemarau,” jelasnya.

Sebelumnya juga berita terkait kebakaran lahan di Desa Jatimulya telah diterbitkan Redaksi TiNewss.com yang diduga api berawal dari kebakaran sampah yang merembet ke daun kering sehingga terjadi kebakaran lahan.

Baca berita sebelumnya https://www.tinewss.com/lahan-kebun-di-jatimulya-hangus-terbakar-akibat-pembakaran-sampah/

“Kebakaran kali ini terjadi di kebun bambu. Tim menerima laporan pukul 17.00 WIB dan berhasil dipadamkan oleh damkar Tanjungsari sekitar pukul 17.40 WIB,” ucapnya.

Dari kejadian kedua kebakaran tersebut diduga api berasal dari pembakaran sampah.

“Jadi dari dua kebakaran kebun tersebut diduga api dari pembakaran sampai. Karena cuaca mulai panas menghadapi musim kemarau, sehingga api mudah merambat ke daun kering dan terjadi kebakaran kebun,” tambahnya.

Sehingga Soekarno dan pihak pemadam kebakaran Sumedang turut mengimbau masyarakat dalam menghadapi musim kemarau warga Sumedang harus lebih berhati-hati dalam menghadapi situasi menghadapi musim kemarau.

“Masyarakat jangan bermain api pada lokasi yang memudahkan api merambat. Hati-hati juga di rumah, agar tidak terjadi kebakaran,” ujar Soekarno. (Adhi SH)***