TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Hari Pertama Bioskop Asia Plaza Buka, Di Uji Coba Forkopimda

TiNewss.com – Setelah tutup selama satu tahun lebih akibat pandemi COVID-19, bioskop di Sumedang kini siap beroperasi kembali. Kesiapan ini ditandai dengan digelarnya simulasi pembukaan operasional di bioskop XXI Asia Plaza Sumedang, Jum’at, (21/5/2021).

Simulasi kesiapan pembukaan operasional di bioskop XXI ditinjau langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir bersama Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, Sekda Herman Suryatman dan unsur Forkopimda Sumedang.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan, simulasi ini dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan di gedung bioskop dilaksanakan secara disiplin sesuai dengan prosedur pencegahan COVID-19 sebelum mulai kembali beroperasi yang rencananya akan dibuka hari ini.

“Sesuai dengan pedoman dan arahan dari pusat maupun provinsi, bioskop sudah mulai dibuka. Sumedang ini yang terakhir dibuka di Jawa Barat karena saking hati-hatinya. Untuk itu, Kami ingin memastikan pengelola bioskop ini betul-betul menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Bupati menuturkan, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi pengelola bioskop. Hal paling krusial yang wajib diperhatikan pengelola bioskop adalah ada satgas COVID-19 yang melakukan pengawasan internal dibioskop.

Selain itu, jumlah kapasitas penonton dalam satu studio dibatasi hanya tiga puluh persen dari jumlah kapasitas yang tersedia dan metode pembayaran para pengunjung bioskop disarankan agar menghindari pembayaran secara cash untuk mengantisipasi terjadinya transmisi.

“Pembayaran bisa lewat online atau cash. Tapi saya menyarankan lebih baik hindari yang cash, kalaupun terpaksa harus cash, petugas dikasir harus bisa mengarahkan para penonton langsung cuci tangan, karena dari kembalian uang dikhawatirkan ada transmisi atau penularan,” tambahnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, selama masa pandemi, jam operasional bioskop di Kabupaten Sumedang akan dibatasi sesuai Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Ia pun meminta, para pengelola dan penonton bioskop tetap disiplin menerapkan prokes sehingga tidak terjadi kluster baru.

“Do’akan aman, sehat, lancar dan tidak ada kluster bioskop. Saya minta para pengelola dan penonton harus sama-sama disiplin sehingga semuanya aman,” pungkasnya.(Adhi SH)***