Hari Buruh International: Kompromi Dimasa Pandemi

TiNewss.com – Tepatnya 1 mei 2021 merupakan Hari Buruh Internasional atau International Workers Day yang juga sering dikenal dengan sebutan May Day.

1 Mei menjadi harinya para buruh. Mereka dengan keras beorasi dan beraspirasi, menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan dengan meluapkan ekspresi turun ke jalan.

Namun sayang, perayaan Hari Buruh tahun ini masih harus dihadapkan dengan keberadaan Virus COVID-19, tapi itu bukan kendala untuk mengurangi esensi dan makna dari perayaan Hari Buruh.

Seperti yang dinyatakan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), mereka tidak akan melakukan aksi turun ke jalan secara besar-besaran pada peringatan Hari Buruh.

“Kami memutuskan untuk Mayday 2021 Kami tidak menggelar aksi massa besar-besaran seperti tahun-tahun sebelumnya, karena Kami tidak ingin menciptakan klaster baru,” kata Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea dalam konferensi pers virtual, Kamis (29/04/2021)

Namun kendati demikian, KSPSI akan tetap mengirimkan delegasi mereka ke Istana Negara pada 1 Mei 2021 untuk menyerahkan petisi Mayday 2021.

“Kami serahkan kepada pejabat Istana, saya sudah melakukan koordinasi dengan Pak Pratikno, Mensesneg mudah-mudahan akan menerima langsung pada hari Sabtu 1 Mei,” ucapnya

Tidak hanya ke Istana, delegasi KSPSI juga akan menyampaikan petisi ke Mahkamah Konstitusi. Dimana fokus Petisi ini berisi tentang permintaan buruh akan tuntutan buruh mengenai Undang-undang Cipta Kerja.

Selain dari pada itu, yang tidak kalah penting juga KSPSI meminta agar setiap pelanggaran terkait ketenagakerjaan diproses tegas sesuai dengan hukum yang berlaku. “Serta meminta pemerintah menerapkan upah minimum sektoral kabupaten/kota (UMSK) diterapkan,” ujar Andi. (L/Adhi SH)***

Related Articles

Stay Connected

1,496FansLike
600FollowersFollow
4FollowersFollow
17,300FollowersFollow
80FollowersFollow
1,594SubscribersSubscribe

-advertiseMENT-

Ucapan Selamat & Suksesspot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
Ucapan Selamat & Suksesspot_img
spot_img

Latest Articles