TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Gubernur DKI Jakarta dan Bupati Sumedang Panen Padi Bersama

TiNewss.comGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir melakukan panen bersama di Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jum’at (11/6/21).

Panen bersama ini dalam upaya mensejahterakan masyarakat terkait pengembangan potensi daerah salah satunya yakni dari sektor pertanian di kabupaten Sumedang.

Pemkab Sumedang dan Pemprov DKI Jakarta, selain melakukan panen padi bersama di lahan pertanian tersebut, juga sebelumnya dilakukan penandatangan MoU antara kedua belah pihak terkait supplai beras ke provinsi DKI Jakarta.

Kerjasama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta H. Anies Baswedan dengan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir sekaligus disaksikan langsung Gubernur Jawa Barat H. Ridwan Kamil di Gudang Komoditi SRG, Desa Tolengas, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang.

Setelah kedua belah pihak melakukan perjanjian kerjasama, Gubernur Jawa Barat mengibarkan bendera tanda mulai pengiriman beras dari Sumedang ke DKI Jakarta sebanyak 30 ton.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini kita sama-sama menyaksikan pemberangkatan perdana 30 ton beras untuk kebutuhan pangan di DKI Jakarta,” kata Gubernur Anies dalam doorstop media pers.

Anies menjelaskan, MoU kerjasama antar kedua wilayah ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat di Ibukota Jakarta.

“Bila kebutuhan pangan masyarakat Jakarta pasokannya aman, maka harga stabil bahkan harga bisa lebih rendah dan terjaga ini akan membuat keluarga-keluarga di Jakarta, ibu rumah tangga merasakan ketenangan karena pasokan kebutuhan pokok aman dan stabil,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sering disapa Emil mengatakan selain mensejaterakan masyarakat Sumedang, program ini juga salah satu pemulihan ekonomi di Jawa Barat.

“Saya hadir di sini karena ini adalah implementasi dari strategi pemulihan ekonomi di masa Covid, sehingga ketahanan, kedaulatan pangan diutamakan,” sebutnya.

Masih menurut Emil, di Jawa Barat punya banyak hal yang mungkin DKI Jakarta butuhkan, sehingga program ini mengawali sebuah proses berjangka panjang berkelanjutan dari kerjasama Sumedang dengan Jakarta.

“Insya Allah ini akan bisa berlangsung dalam jangka panjang,” ujar kang Emil.

Sementara Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir sendiri mengatakan MoU antara pemkab Sumedang dan pemrov DKI Jakarta akan menguntungkan kepada dua belah pihak untuk mensejahterakan masyarakat.

“Satu sisi, hasil produksi masyarakat Sumedang akan dipasarkan pada BUMD DKI Jakarta yakni Food Station Tjipinang Jaya dan Darmajaya,” katanya.

Sedangkan disisin yang lain, suplai beras ke DKI Jakarta akan membuat ketersediaan pangan di DKI menjadi aman.

“Dan pada akhirnya, dengan kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumedang,” tandasnya.(Adhi SH)***