Grand Launching Maghrib Mengaji Online Oleh Gubernur Jabar

TiNewss.com – Grand Launching Magrib Mengaji Online bersama Bupati Sumedang akan dilaksanakan pada Kamis (20/8/2020) bertepatan dengan 1 Muharram 1442 Hijriyah. Kegiatan ini akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kami atau yang akrab di sapa Kang Emil.

Demikian disampaikan oleh Ketua Tim Jabar Mengaji, Muhammad Hidayat, Kepada TiNewss.com, Rabu (19/8/2020) pagi.

“Ini akan menjadi sejarah baru bagi Kabupaten Sumedang khususnya dan Jawa Barat pada umumnya,” kata Hidayat.

“Insyaa Allah Pak Gubernur DR. H. Muhammad Ridwan Kamil S.T., M.U.D, akan berkolaborasi dengan Pak Bupati Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M., untuk melakukan Grand Launcing Program Maghrib Mengaji Online Bersama Bupati Sumedang,” tambahnya.

Magrib Mengaji Online adalah program bersama Tim Jabar Mengaji dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang, dalam rangka melanjutkan program unggulan Sumedang yakni Magrib Mengaji secara offline, karena Pandemi sempat terhenti.

Hidayat mengajak masyarakat untuk turut hadir secara online dalam acara tersebut, yakni melalui Instagram @dony_ahmad_munir @jabarmengajiofficial dan @ridwankamil pada kamis esok sekitar bada Maghrib.

“Alhamdulillah sejak dilakukan soft launching, MMO sudah diikuti ratusan peserta. Mudah-mudahan pada Grand Launching esok, yang hadir lebih banyak. Bagi yang tidak memililki akun instagram, dapat mengikuti siara ini pada Facebook maupun live streaming Youtube,” tambahnya.

Hidayat memberikan apresiasi kepada Bupati Sumedang, atas kesiapannya untuk menemani masyarakat Sumedang untuk mengaji secara online. Bahkan seluruh masyarakat Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya. Bupati menyisihkan waktu 30 menit dalam sehari dari Senin hingga Jumat. Mulai pukul jam 18.20 WIB (Bada Maghrib) sampai jam 18.50 WIB (Sebelum Isya) untuk membaca Al Quran, memahami artinya dan juga membenarkan bacaannya (hukum tajwidnya).

Sementara itu ditempat terpisah, Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Sumedang Dr Iwa Kuswaeri yang juga Kepala Dinas Kominfosanditik menyatakan bahwa Maghrib Mengaji bukan hal yang baru bagi masyarakat Sumedang.

“Untuk Sumedang ini bukan program baru. Hanya medianya yang baru, Sumedang sudah menjalankan program ini. Sebagaimana di sampaikan Sumedang memiliki Program Unggulan Magrib Mengaji untuk mewujudkan masyarakat Sumedang yang Agamis dalam rangka mendukung Visi Sumedang Simpati 2023,” kata Iwa.

Iwa juga mengajak seluruh elemen masyarakat Sumedang, baik ASN maupun Non ASN, baik yang di Sumedang maupun diluar Kabupaten Sumedang untuk turut menyisihkan waktunya, mengikuti MMO.

“Kami harap khususnya ASN untuk turut hadir dalam acara tersebut. Insyaa Allah akan hadir pula, Neng Rifdah Farnidah, Juara Dunia MHQ asli warga Sumedang yang mengharumkan Bangsa dan Negara pada tahun 2018,” tambahnya.


Jabar Mengaji Rekrut Relawan

Tim Jabar Mengaji sendiri merupakan tim yang terbentuk dari kepedulian atas kondisi masyarakat Indonesia yang saat ini disinyalir buta huruf Al Quran mencapai 65% (Sumber Republika.co.id) sehingga muncullah inisiatif untuk membuat Program Jabar Mengaji dimana Maghrib Mengaji Online menjadi salah satu kegiatannya.

Program Jabar Mengaji, dalam perjalanan selanjutnya akan membuat aplikasi sendiri yang bisa diakses oleh masyarakat untuk dapat belajar mengaji secara online.

“Ya, ke depan sedang kita buatkan design pelaksanaan Jabar Mengaji melalui aplikasi. Seperti aplikasi ruang guru yang fenomenal, Kami pun sedang menyiapkannya,” tandasnya.

Melalui aplikasi tersebut, semua masyarakat bisa belajar dan dibimbing agar dapat membaca Alquran dari mulai dasar (Kelas Iqra), kelas tahsin bahkan hingga kelas tahfidz. Dan semua diharapkan dapat diakses oleh masyarakat Jawa Barat secara GRATIS!

Untuk bisa merealisasikan misi pemberantasan buta huruf Al Quran tersebut, tim Jabar Mengaji membuka peluang bagi siapapun warga Jawa Barat untuk aktif terlibat menjadi RELAWAN JABAR MENGAJI dengan tugas utama adalah membantu publikasi dan sosialisasi berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Jabar Mengaji.

Semoga Program Magrib Mengaji Online dapat menjadi pembuka bagi tumbuhnya kesadaran dan kebiasaan serta keinginan yang kuat dari masyarakat untuk dapat terus membaca, mengkaji dan mengimplementasikan isi dan kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk dapat bergabung menjadi RELAWAN JABAR MENGAJI bisa menghubungi nomor 087822208040 (WA/Telegram) dan bisa mengupdate informasi di website resmi Jabar Mengaji www.jabarmengaji.com. (Dodi Budiana)***

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  • 107
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    107
    Shares
%d blogger menyukai ini: