Hari Wayang Nasional 2022, begini kreativitas dalang muda Sumedang!

- Sabtu, 5 November 2022 | 23:04 WIB

TiNewss.Com - Gong peringatan Hari Wayang Nasional 2022 di Kabupaten Sumedang akan ditabuh di Atrium Asia Plaza pada tanggal 7 Nopember 2022, pukul 15.00-17.00 WIB, melalui pertunjukan rampak tiga dalang muda Sumedang dengan cerita 'Kumbakarna Gugur'.

Kalau tanggal 7 Nopember diperingati sebagai Hari Wayang Dunia dan Nasional, maka tanggal 10 Nopember diperingati sebagai Hari Pahlawan. Berselaras dengan ini, cerita 'Kumbakarna Gugur' mendapatkan konteksnya.

Sungguh cerita yang menarik karena hanya dalam cerita pewayangan sosok pahlawan mengalami redefinisi. Selama ini sosok pahlawan selalu diposisikan dari kelompok protagonis dan terjajah, namun berbeda dalam cerita ini.

Tokoh Kumbakarna justeru berasal dari kelompok antagonis dan kolonialis. Dia tak lebih merupakan saudara dari Rahwana raja Alengka Dirja, yaitu seorang raja jahat yang berambisi merebut Dewi Sinta, istri Sri Rama, yang saat itu berada di Gunung Suwela. Demi ambisi sesat Rahwana, saudara-saudaranya harus mati di medan laga.

Baca Juga: KOMINFO matikan TV Analog, Jangan Panik ! Yuk, Cek Dulu Tv Di Rumah Sudah Digital Atau Belum

Namun demikian, ketika tugas berperang jatuh pada Kumbakarna, dia bersabda, 'aku tidak berperang untuk membela ambisi gila Rahwana sang angkaramurka, tetapi berniat untuk membela tanah air yang hancur lebur akibat peperangan.

Selain itu, Kumbakarna ingin bertemu sang adik tercinta, Gunawan Wibiksana, yang saat itu sudah bergabung dengan pasukan Sri Rama, musuh Rahwana sang Dasamuka'.

Sungguh cerita yang unik karena karakter pahlawan ternyata dapat juga muncul di kubu para angkara yang jelas-jelas merupakan kelompok antagonis.

Cerita ini akan dibawakan rampak oleh tiga dalang muda Sumedang, yaitu: Andrian Syaputra (LS.Raharja Kamulyan); A. Bratasena (LS.Nata Raharja); dan Reigy Adias Juliansyah (LS.Adi Nata Raharja).

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Hancur Sudah Hatiku - Sinka Sisuka

Senin, 23 Januari 2023 | 10:16 WIB

Lirik Lagu Juragan Empang - Via Vallen

Senin, 23 Januari 2023 | 09:36 WIB

Lirik Lagu Ambyar Karya Didik Prasetyo

Senin, 23 Januari 2023 | 09:20 WIB

Lirik Lagu Ditinggal Pas Sayang Sayangnya

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:59 WIB

Lirik Lagu Milik Orang - Happy Asmara

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:32 WIB
X