• Kamis, 19 Mei 2022

Hari Ibu 22 Desember, Cara Soekarno Hormati Wanita Indonesia

- Selasa, 22 Desember 2020 | 08:11 WIB
Selamat Hari Ibu by TiNewssCOM
Selamat Hari Ibu by TiNewssCOM






Untuk Semua Ibu, Selamat hari Ibu. Ibu bagi Suami, Anak maupun Ibu bagi lingkungan sosial, bisnis dan juga tidak lupa untuk Ibu Guru. Tapi Tahukah Anda, bahwa hari Ibu di Indonesia, adalah sebagai cara Soekarno (Bung Karno) untuk menghormati Wanita Indonesia?





Konon karena Hari Kartini 21 April banyak mendapat kritikan dijadikan sebagai Hari Ibu, karena Kartini sebagai Pahlawan Nasional Emansipasi hanya bersifat lokalan Jepara dan Rembang serta lebih pro Belanda? Maka dari itu, Soekarno menetapkan 22 Desember sebagai hari Ibu melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.





Tanggal 22 Desember, merupakan Hari pertama dilakukan Kongres Perempuan Indonesia Pertama pada tahun 1929 yang dimulai tanggal 22 hingga 25 Desember. Kongres ini dilaksanakan di Gdeung Dalem Jayadipura, yang kini menjadi Kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl Bigjrn Katamso, Yogyakarta.





Kongres ini dihadiri oleh 30 Organisasi wanita dari 12 Kota di Jawa dan Sumatera. Perlu diketahui, organisasi wanita di Indonesia sudah ada sejak tahun 1912, terinspirasi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia abad ke-19, seperti Kartini, Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Terkini

Indonesia Pasti Bisa, Sumedang Bagaimana?

Jumat, 16 Juli 2021 | 07:18 WIB
X