TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Dosen Fakultas Teknik Universitas Sahid Jakarta Berikan Edukasi Instalasi DAM di Cisoka

TiNewss.com – Jajaran dosen Fakultas Teknik Universitas Sahid Jakarta yang membentuk tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang memberikan edukasi Instalasi Depot Air Minum (DAM) di Dusun Cisoka, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Senin (21/6/2021).

Tim PKM Fakultas Teknik Universitas Sahid Jakarta diketuai Dr. Ir. Djati Poetryono Dharmosmoedero, MM dan kedua anggotanya yakni Soecahyadi, ST.,MT
dan Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE.

Dari kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemahaman mengenai bagaimana mengolah air baku menjadi air minum isi ulang dan memberikan alternatif ekonomi melalui pengelolaan Depot Air Minum Isi Ulang.

Sehingga kegiatan PKM dari Teknik Universitas Sahid Jakarta bisa memberikan rancangan sebuah instalasi Teknologi Pengolahan air baku menjadi air minum isi ulang yang siap dikonsumsi berupa Depot Air Minum (DAM).

Selanjutnya, memberikan pemahaman dan pelatihan mengenai pemanfaatan air pengunungan yang dimiliki untuk diproduksi menjadi air isi ulang.

Terakhir tujuan kegiatan ini adalah tim bisa mengedukasi masyarakat mengenai bagaimana sistem manajemen usaha bagi keberlanjutan usaha tempat pengisian air minum isi ulang.

Menurut ketua TIM Djati Poetryono Dharmosmoedero, Dusun Cisoka merupakan daerah yang memiliki banyak potensi.

“Di samping potensi sumber daya alamnya, masyarakatnya juga sebenarnya memiliki banyak keahlian dan keterampilan. Namun karena keterbatasan sumber daya listrik yang belum mereka dapatkan dari PLN, menjadikan warga masyarakat tidak dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitasnya selain berkebun teh,” ujarnya.

Beliau juga menjelaskan Fakultas Teknik melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berupaya memberikan kontribusi kepada masyarakat Dusun Cisoka.

“Agar dapat memiliki alternatif ekonomi lain melalui pemanfaatan teknologi, selain berkebun.Disamping itu, juga sebagai bentuk transfers knowledge tentang sistem penjernihan dan pemurnian air dengan bantuan teknologi,” tandasnya.(Adhi SH)***