TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Dinas Peternakan Sumedang Sudah Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Layak Dikonsumsi

TiNewss.com – Berdasarkan hasil pemantauan Dinas Peternakan Kabupaten Sumedang, hewan kurban yang diperdagangkan di wilayah kabupaten Sumedang, kondisinya sehat dan dagingnya aman untuk dikonsumsi.

Hal itu dikatakan Nandang Suparman, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang pagi ini, Selasa (20/7/2021) kepada jurnalis TiNewss.com.

“Kami membentuk tim monitoring dan pengawasan terhadap hewan yang akan disembelih untuk memberi keamanan bagi masyarakat terhadap penyakit hewan dan tidak diketemukan penyakit anthrax,” ujarnya.

Menurut Nandang, satu minggu sebelum pelaksanaan hari Idul Adha telah mematangkan memonitoring mengenai ketersediaan hewan Kurban dari populasi hewan Kurban di Sumedang.

“Giat ini telah dilakukan semester awal Januari hingga Juni dan hasil di lapangan cukup memenuhi kebutuhan daripada masyarakat Kabupaten Sumedang, dimana tingkat kebutuhan masyarakat Naik di kisaran 2 sampai dengan 5% dari tahun sebelumnya,” tambahnya.

Namun dengan begitu itu saat ini kita masih dilanda dengan pandemi COVID-19 sehingga Nandang berharap pelaksanaan Kurban dilaksanakan oleh masyarakat dengan tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat.

“Bagi kaum muslimin wal muslimat yang ada di Kabupaten Sumedang kita berharap pelaksanaan Idul Kurban ini berjalan sebagaimana mestinya kemudian didasari juga dengan melaksanakan protokol kesehatan,” tandasnya.(Adhi SH)***