TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Dikacangin Pengusaha KJA Jatigede, Pemkab Sumedang Ancam Pembongkaran

TiNewss.com – Usaha Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang untuk melakukan penegakan Perda No 4 Tahun 2018 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah serta penertiban Keramba Jaring Apung (KJA) di kawasan Waduk Jadigede, tidak dipedulikan oleh para pengusaha KJA. Melalui Satpol PP, setidaknya 6 kali surat peringatan dan teguran disampaikan. Bukan berkurang, malah bertambah. Merasa dikacangin oleh Pengusaha KJA, Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan, mengancam akan membongkar KJA tersebut.

Hal ini disampaikan Wabup, seusai melakukan Rapat Koordinasi dengan Forkopimda Kabupaten Sumedang, membahas khusus tentang hal tersebut, di Gedung Negara (25/11/2020).

“Secepatnya harus ditertibkan. Jangan sampai ada kucing-kucingan. Supaya tidak ada lagi yang ditanami (Keramba) Jaring Apung,” tegas Wabup.

Wabup juga mengingatkan kepada para pengelola KJA, bahwa Pemerintah Kabupaten Sumedang akan melakukan tindakan tegas. Bahkan Wabup menegaskan tidak akan menerima audiensi atau diskusi apapun terkait pelanggaran Perda ini oleh pihak pengelola KJA di Jatigede.

Hal ini disampaikan Erwan karena sudah melakukan tindangan persuasif kepada pemilik KJA, namun gagal.

Menanggapai hal tersebut, Satpol PP Kabupaten Sumedang menyatakan akan segera melakukan eksekusi. Kesiapan Satpol PP, juga mendapat dukungan dari unsur Forkopimda yang lain, seperti TNI, Polri, Kejari dan Pengadilan Negeri. Bahkan tampak hadir peserta dari Brimob, termasuk unsur-unsur dari Instansi terkait beserta Camat-camat di wilayah kawasan Waduk Jatigede.

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sumedang Bambang Rianto mengatakan akan segera melakukan perintah tersebut.

“Sesuai arahan pak Wabup, kami akan melakukan eksekusi sekitar tanggal 28 November hingga 3 Desember 2020,” kata Bambang.

Lebih lanjut Bambang menyampaikan, tidak ada negosiasi. Apapun halangan dan rintangan akan dihadapi Pemerintah Kabupaten Sumedang. Namun demikian, Bambang menghimbau agar para pelaku segera mengamankan KJA-nya, agar penertiban berjalan l;ancar. (Andi Antoni)***

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  • 41
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    41
    Shares