TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

COVID-19 Masih Ada, Masjid Al Muhajirin Tanjungsari Akan Gelar Shalat Id Tiga Sesi

TiNewss.com – Mengikuti aturan pemerintah tentang penanganan COVID-19 di Sumedang yang masih ada, salah satu Masjid di Tanjungsari akan menggelar salat Id secara tiga sesi.

Masjid tersebut yaitu Masjid Al-Muhajirin yang bertempat di Griya Taman Lestari RW 09, Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Juliandri, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al-Muhajirin mengatakan biasanya jamaah masjid ini bisa menampung sekitar 500 orang namun untuk sekarang 50% dari masjid tersebut.

“Karena pandemi masih ada, Kami memutuskan untuk masjid kita digelar tiga sesi dan tetap menggunakan protokol kesehatan dengan jarak antar jama’ah sekitar 1,2-1, 5 m, sehingga tidak bisa menampung semua jama’ah dalam waktu bersamaan,” jelasnya kepada jurnalis TiNewss.com, Rabu (12/5/2021) malam.

Lebih lanjut Juliandri mengatakan bahwa masjid yang biasa menampung sekitar 500 jamaah sekarang setengahnya sekitar 250 orang dan dibagi tiga sesi.

“Untuk itu kita lakukan salat Idul Fitri secara berseri untuk mengantisipasi untuk kerumunan jama’ah,” sambungnya.

Juliandri juga menjabarkan jadwal salat Idul Fitri yang akan dilakukan besok di Masjid A-l Muhajirin yang merencanakan 3 kali pelaksanaan sebagai berikut.

Sesi Pertama khusus untuk bapak-bapak.
Pukul 6.00 sampai 6.20 Takbir
Pukul 6.20 sampai 6.30 Salat Idul Fitri
Pukul 6.30 sampai 6.45 Khutbah Idul Fitri

Sesi kedua khusus untuk Ibu-ibu.
Pukul 6.50 sampai 7.00 Salat Idul Fitri
Pukul 6.20 sampai 6.30 Khutbah Idul Fitri

Sesi Ketiga Bapak-bapak dan Ibu-ibu
Pukul 7.20 sampai 7.30 Salat Idul Fitri
Pukul 7.30 sampai 7.45 Khutbah Idul Fitri

Kepada jama’ah yang akan mengikuti salat berjamaah di Masjid Al-Muhajirin, Juliandri menyarankan agar memperhatikan hal berikut seperti membawa sajadah masing-masing, selalu menggunakan masker, menempati tempat yang sudah diberi tanda di masjid, dalam keadaan berwudhu’ dari rumah dan tidak bersalaman dan tetap menjaga jarak ketika selesai shalat Idul Fitri.

Terakhir beliau menyampaikan kepada Jurnalis TiNewss.com, sebelum pelaksanaan salat berjamaah ini, sesuai peraturan pemerintah, sudah dilakukan di waktu Idul Adha yang lalu.(Adhi SH)***