TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Bupati Resmi Lantik Pengurus Dewan Kebudayaan Sumedang 2020-2025

TiNewss.com – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir akhirnya resmi melantik kepengurusan Dewan Kebudayaan Sumedang (DKS) Masa Bakti 2020-2025 di Gedung Negara, (24/02/21).

Sebelumnya kepengurusan DKS diresmikan dengan Keputusan Bupati (Kepbup) No 430/KEP.514-DISPARBUDPORA/2020 tentang Pengukuhan Dewan Kebudayaan Sumedang Masa Bakti 2020-2025 pada tanggal 23 Desember 2020. Hal ini merujuk kepada hasil Kongres Kebudayaan Sumedang Ke-2 pada tanggal 27 Oktober 2020. Dalam kongres tersebut terpilih Tatang Sobana atau biasa dipanggil “APIH” sebagai Ketua DKS Periode 2020-2025.

Baca juga; https://www.tinewss.com/bupati-sumedang-kukuhkan-pengurus-dks-periode-2020-2025/

Menurut Bupati Dony, nilai-nilai kebudayan Sunda ini bisa kita rekontruksi, revitalisasi dan reaktualisasi dalam kehidupan di masyarakat sehingga bisa menjadi pengungkit.

“Oleh karena itu, pengurus sekarang harus lebih semangat lagi untuk meningkatkan etos kerja menuju Sumedang Simpati,” ujarnya.

Dony menyambut baik dengan dilantiknya pengurus DKS untuk menjadikan Sumedang makin maju dan Sumedang Simpati.

Dony juga berharap DKS memiliki terobosan-terobosan, gebrakan-gebrakan untuk mewujudkan Sumedang sebagai Puseur Budaya Sunda, seperti nilai –nilai gotong royong dan kebersamaan

Sementara itu, Sekretaris II DKS Rauf Nuryama mengatakan bahwa pembentukan DKS tersebut, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sumedang Nomor 1 Tahun 2020 tentang Sumedang Puseur Budaya Sunda, dalam rangka mewujudkan cita-cita luhur Prabu Tadjimalela (+/- 950M) yang tertuang dalam ungkapan “Insun Medal Insun Madangan” ini artinya bahwa setiap masyarakat Sumedang harus memiliki semangat, tekad, dan nilai-nilai luhur budaya sunda, untuk memberikan sumbangan pemikiran dan karya – nyata yang terbaik dan tanpa pamrih bagi kepentingan bangsa dan negara.

“Maka dalam rangka mewujudkan cita-cita luhur tersebut, dibentuklah Dewan Kebudayaan Sumedang atau DKS yang beranggotakan unsur-unsur tokoh masyarakat, budayawan, meraton Sumedang Larang, sebagai mitra strategis Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam memelihara, mengembangkan serta membina kebudayaan Sunda,” ungkapnya.

Oleh karena itu, masih menurut Rauf sebagai amanat dari perda, maka dalam pelantikan DKS yang hadir di sini dan yang tidak hadir di sini karena pandemi sehingga mengikuti pelantikan secara daring melalui media sosial yang dipublikasikan oleh pengurus DKS, memiliki tugas yang mulia.

DKS menjadi tanggungjawab bersama. Tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa. Berat bukan berarti tidak bisa dijalankan. Semangat tanpa pamrih, demi cita-cita luhung Karuhun Sunda, menjadi modal kuat bagi kita bersama untuk maju bersama sesuai dengan tata nilai yang baru tanpa melupakan budaya luhung karuhun urang sadayana,” tukasnya.

Rauf juga mengutip pepatah sunda, Dengan semangat “Dina Agama Urang Napak, Tina Budaya Urang Ngapak”, tidak ada yang akan bisa mengalahkan kita. Gagah Bedas tanpa Lawan, karena kita semuanya adalah Kawan. Kebersamaan, menjadi sebuah kunci kesuksesan,” pungkasnya. (Andi A)***

Terima Kasih Untuk Berbagi Tulisan ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •