TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Bupati Gandeng Asprumnas Sediakan Rumah Tanpa DP

TiNewss.com – Dalam rangka mewujudkan Sumedang Sejahtera menuju Sumedang Simpati 2023, ketersediaan papan (rumah) adalah salah satu hal yang menjadi perhatian Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir.

Setelah program Rutilahu, kini Bupati bersama Asosiasi Pengembang dan Pemasar Rumah Nasional (Asprumnas) Cabang Sumedang berencana membangun 10.000 Rumah. Diantaranya adalah Rumah bagi ASN dan Non ASN yang belum memiliki rumah, dengan DP Nol Rupiah.

Hal ini disampaikan Bupati dan Ketua DPD Asprumnas Sumedang, Riki Fajri Sujana sesaat setelah melakukan Audiensi di Gedung Negara, Sumedang Selasa (16/2/2021).

“Hari ini saya menerima audensi dari Asprumnas Sumedang dalam rangka usulan kerjasama penyediaan 10.000 rumah bagi warga Sumedang yang belum mempunyai rumah, terutama bagi ASN, tenaga honorer, tenaga medis, pelaku UMKM dan sebagainya,” kata Bupati Sumedang kepada TiNewss.

Menurut Bupati, program yang digagas tersebut merupakan upaya nyata dan terukur dari Pemda dan Asprumnas dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional dan daerah bagi warga yang terdampak pandemi COVID-19.

Rencana kerjasama antara Asprumnas dengan Pemda Sumedang disambut baik oleh Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir .

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa ada beberapa keuntungan yang diperoleh calon pembeli rumah ini. Selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga mendapatkan keringanan DP bahkan bisa Nol Rupiah, termasuk bunga dan cicilan terjangkau.

“Masyarakat sejahtera dilihat memenuhi sandang dan pangan. Ada beberapa program pembiayaan dalam penyediaan rumah, bisa bunganya sangat murah hanya 5% dan cicilannya hanya 900 ribu per bulan,” sambung Bupati.

Untuk itulah, harap Bupati, masyarakat Sumedang bisa memanfaatkan program-program tersebut terutama yang membutuhkan rumah. Oleh karenanya, setiap dinas untuk menginformasikannya bagi ASN ataupun Non ASN yang belum memiliki rumah.

Sementara itu Riki Fajri Sujana, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asprumnas Sumedang mengatakan bahwa program tersebut akan tersebar di beberpa titik di wilayah kota Sumedang.

“Untuk lokasi kita akan sebar terutama yang sudah disediakan oleh DPD Asprumnas baik wilayah barat, kota, bahkan di wilayah timur juga ada.

“Jadi 10.000 tersebut tersebar dari anggota DPD Asprumnas,” tutur Riki.

Adapun rencana program 10.000 rumah tersebut, Asprumnas akan memulainya pada bulan Mei 2021.

“Tadi sudah disampaikan pada pemaparan di hadapan pa Bupati, bahwa implementasi akan dimulai di bulan Mei karena kita di bulan Februari dan Maret perlu perencanaan yang matang” tutur Riki.

Adapun target pembanguan rumah, Riki menjelaskan akan membangun 2.000 rumah pada Tahun 2021. Kemudian tahun 2022 sebanyak 4000 rumah dan tahun 2023 sebanyak 4000 rumah juga,” tambah Riki.

Dalam pertemuan tersebut, Pihak Asprumnas dihadiri oleh Sekretaris DPD Asprumnas, Huliman Abdul Gofur, serta perwakilan dari Pengembang. Sedangkan dari Pihak Pemkab hadir Kepala Dinas Perkimtan Gungun Ahmad Nugraha, Sekretaris Bappppeda, Sajidin, Kasubag Kerjasama Setda Kabupaten Sumedang Hendra, dan sejumlah pihak lainnya. (Adhi SH)*