TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Bukan Hanya Bupati Sumedang, “Akun WhatsApp” Emil Dipakai Penipu Bermodus Bantuan Dana

TiNewss.com – Belum lama ini Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menginformasikan bahwa ada penipuan melalui aplikasi pesan WhatsApp berkedok mengaku dirinya telah meminta sejumlah uang dengan alasan penggalangan dana.

Modus penipuan menggunakan akun WhatsApp palsu ini, tidak tanggung-tanggung mengatasnamakan nama Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir dan memakai foto diri bupati.

Kabar tersebut ternyata bukan menimpa Bupati Sumedang saja, melainkan akun WhatsApp palsu juga dipakai atas nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Hal tersebut diungkapkan dalam akun media sosial Instagram pribadi Ridwan Kamil, Sabtu (10/7/2021) pagi ini.

“PENIPUAN, sedang marak, penipuan mencatut nama kepala daerah, untuk meminta proposal pembangunan rumah ibadah. salah satunya mengaku atas nama saya dan bupati Sumedang @dony_ahmad_munir,” ucapnya.

Kang Emil dalam postingan yang mengumumkan penipuan tersebut bukan hanya foto melainkan bukti rekaman video warganya yang sudah jelas bukan ia dan dalam penyampaian bahasanya berbeda.

“Yang ngaku saya kurang cerdas, logat saya kenapa jadi logat pak @ganjar_pranowo dan gak bisa menjawab bahasa Sunda,” tambahnya disertai emot senyum lebar.

Selain itu, Emil mengatakan “Terus maenya pasang profil W.A foto keur calangap kitu. asa piraku,” katanya.

Dengan begitu Ridwan Kamil yang sering disapa Emil ini turut mengimbau maraknya penipuan yang ngaku-ngaku kepala daerah, jangan mudah percaya.

“Mohon berhati-hati, jika ada ngaku2 kepala daerah apalagi minta-minta duit. Asa piraku, TIPS: Modus2 beginian ajak video call, kalau gak mau, pasti penipu,” tutupnya. (Adhi SH)***