TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

ASITA Sumedang Sambut Baik Program Gubernur Bangun Menara Kujang Sapasang

TiNewss.com – Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (ASITA) DPC Sumedang, Iyan Sofyan Hady menyambut memberikan apresiasi kepada Gubernur Jabar dan Bupati Sumedang atas prakarsanya membuat ikon wisata baru, Menara Kujang Sapasang di sekitar Waduk Jatigede Sumedang.

Menurut Iyan, Sumedang membutuhkan sebuah destinasi wisata yang berbeda dengan yang lainnya. Dan Pembangunan Masjid dan Menara Kujang Sapasang menjadi salah satu yang menarik untuk dijadikan sebagai daerah kunjungan wisata.

“Kami dari Asosiasi Pengusaha Perjalan Wisata sangat mendukung langkah yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Pemerintah Provinsi Jabar. Bahkan, Kami sangat berterima kasih kepada Pak Emil (Gubernur Jabar) dan Pak Dony (Bupati Sumedang), karena kami akan lebih mudah menjual promosi Sumedang ke depan,” kata Iyan , Jumat (28/5/2021) di Sumedang.

Masih menurut Iyan, banyak tempat wisata di Sumedang yang menarik dan berbasiskan alam dan air. Namun dirasa masih seperti biasa saja karena daerah lain pun hampir semua wilayah di Jawa punya.

“Kita kaya akan wisata alam, menarik. Bahkan menjadi Surga di Pulau Jawa. Tapi di Jawa ini banyak spot yang hampir sama. Nah, destinasi yang dibuat sekarang, sangat bagus lihat dari desainnya. Mudah-mudahan seperti yang digambar dan video, sehingga Sumedang punya Andalan yang bisa dijual. Yaa… seperti bali punya GBK, atau kubah Emas bahkan jembatan Suramadu saja jadi destinasi wisata,” tambah Iyan.

Ada masjid yang sangat luas dan ada Menara yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi spot foto yang menarik pengunjung.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan para stakeholder Pariwisata untuk melakukan persiapan menjadikan Menara Kujang Sapasang sebagai destinasi yang wajib dikunjungi oleh Wisatawan baik lokal, domestik maupun manca negara,” sambung Iyan.

Namun demikian, Iyan berharap ada pengelola destinasi yang professional. Sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat, menumbuhkan Pendapatan Asli Daerah, dan juga menumbuhkan indeks kebahagiaan masyarakat.

“Wisata itu tujuannya adalah bahagia. Mereka datang, untuk happy happy. Selfie, kuliner, belanja dan bawa oleh-oleh. Jadi ini harus dikelola dengan baik. Agar tumbuh perekonomian. Terutama perekonomian warga sekitar khususnya, umumnya daerah Sumedang,” tutur Iyan yang juga pemilik salah satu jasa Tour and Travel.

Lebih jauh, Iyan menambahkan di lokasi Menara Kujang Sapasang sangat memungkinkan untuk menjadi daerah ekonomi baru.

“Bisa saja menarik minat para investor untuk membuat Hotel, Homestay atau vila-vila untuk dapat menikmati Wisata Sumedang lebih lama,” pungkasnya. (Adhi SH)*