4 Dampak Tidur Sore Hari Bagi Kesehatan

Tidur menjadi salah satu kebutuhan penting setiap manusia untuk memperlancar metabolism tubuh, seorang yang jarang tidur atau tidak memenuhi standar kualitas tidur akan merasa kurang sehat atau kurang bugar jika diamati setiap orang membutuhkan waktu istirahat selam kurang lebih 8 jam setiap hari. Jika mendapat waktu tidur kurang dari 8 jam bisa ditambah dengan asupan nutrisi dari luar berupa buah dan makanan bernutrisi tinggi.

Sebagian orang mungkin ada yang kebiasaanya tidur sore melewati adzan ashar dikarenakan kecapean atas kegiatan di siang hari sehingga tertidur di sore hari, tapi hal itu berdampak kepada kesehatan mari simak dampak tidur di sore hari bagi kesehatan

  1. Menurunkan Daya Ingat

Masih menjadi satu perbincangan dimana seseorang yang sering tidur sore hari akan mengakibatjan daya ingatnya menurun sedikit demi sedikit, Mungkin anda pernah merasakan saat tidur sore kemudian terbangun pada saat malam hari. Rata-rata orang tersebut akan merasakan suasana berbeda dari biasanya kemudian merasakan ingatan sementara mengenai waktu.

Perpindahan dari sore ke malam membuat tubuh tidak menyesuaikan secara otomatis karena masih dalam kondisi tertidur, satu pertanyaan yang sering diucapkan saat terbangun pada malam hari adalah jam berapa dan hari apa ?

2. Meningkatkan Kadar Kolesterol

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa seseorang dengan rutinitas tidur di sore hari memiliki kadar kolesterol tubuh cukup tinggi disbandingkan dengan orang yang tidak pernah tidur pada sore hari.

Kadar kolesterol dapat meningkat tanpa Anda sadari saat tidur sore karena tubuh secara otomatis harus tidur disaat metabolism tubuh dalam keadaan maksimal.

3. Meningkatkan Resiko Diabetes

Jika seseorang memiliki kebiasaan tidur pada sore hari maka harus mewaspadai serangan diabetes lebih dini. Berbeda dengan seseorang yang memiliki kebiasaan tidur siang akan merasakan susah tidur di malam hari.  

Untuk tidur sore hari akan langsung berdampak pada produksi insulin tubuh yang cenderung menurun karena kurangnya aktivitas. Perubahan waktu tidur secara otomatis akan mengganggu siklus tubuh dalam waktu 24 jam.

4. Tubuh Akan Terlihat Lesu

Mungkin Anda tidak pernah menyadari jika seseorang yang sering tidur pada sore hari memiliki potensi penurunan daya tahan tubuh karena metabolism dalam badan melewatkan waktu sore hari dimana perpindahan sore ke malam sangatlah penting. Otak secara otomatis akan memberikan instruksi kepada seluruh organ tubuh ketika menjelang malam hari. Jika tubuh tidak tanggap dengan cepat maka kondisi badan akan terasa kurang fit. Berhati-hatilah jika sering tidur sore hari karena bisa menimbulkan berbagai penyakit.  

Tidur sore hari yang kini banyak dilakukan dengan tujuan merelaksasi tubuh setelah aktif bekerja memang perlu, namun intensitas waktu juga turut diperhatikan untuk menghindari terjadinya penyakit serius seperti ciri-ciri diabetes, kolesterol, dan kepikunan. Meskipun belum ada banyak kejadian buruk dari seringnya tidur sore hari, Anda harus berusaha melakukan upaya pencegahan agar tidak terkena dampak buruknya. Usahakan untuk bersitirahat cukup selama 8 jam sehari agar kondisi metabolisme tubuh tetap lancar.

Jika nanti kondisi metabolisme tubuh berjalan lancar maka kesehatan pikiran juga ikut lancar. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat kepada Anda.

Sumber : Halosehat.com

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: