TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

2021 Rokok Naik, Peluang Bagi Penjual Tembakau Sukasari

TiNewss.com – Harga Rokok Naik. Kabar burung ini akan terjadi pada awal tahun 2021. Namun hingga sekarang, keputusan itu belum kunjung datang padahal akhir tahun 2020 akan segera berakhir. Kabar tersebut sampai juga kepada petani dan penjual tembakau di Sukasari Sumedang.

Eep, penjual tembakau di Sukasari saat diwawancarai oleh Jurnalis TiNewss.com, mempunyai strategi sendiri menghadapi akan adanya kenaikan rokok.

“Rokok naik? Tak masalah bagi kita, peminat linting tembakau. Mungkin nanti ketika rokok naik akan beralih ke tembakau linting. Ini peluang meningkatkan ekonomi bagi tembakau lokal Sumedang,” ungkap Eep di Sukasari, Jum’at (5/12/20).

Eep menjelaskan di setiap tahunnya tembakau juga ada masanya naik, apalagi sudah mulai musim panen, pastinya tembakau original asli Sukasari Tanjungsari banyak diburu.

“Nah disaat itulah tembakau naik dan harganya juga hampir 2 kali lipat dikarenakan tembakau panenan tahun kemarin sudah menipis, dan tembakaunya sudah KAWAK jadi rasa dan aromanya juga lebih nikmat. Itulah strategi penjualannya,” sambung Eep.

Eep menjual tembakau bervariasi dari darmawangi, original, gayo, bantarujeg, mole dan tembakau dengan rasa lainnya. Namun yang berkesan tembakau asli Tanjungsari.

“Omset penjualan Kami sebulan hampir 30 jutaaan dan pembelinya juga kebanyakan dari Jawa, Bali, Sulawesi dan Riau. Kami masih susah untuk melakukan eskpor. Pengurusan izinnya susah sekali,” keluhnya. (Adhi SH)***